Kamis, 20 Desember 2007

HALAMAN KETIGA


PAUD TUMBUHKEMBANG:
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

PENGERTIAN :
PAUD adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga tahun ke-enam secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memeberikan rangsangan pada perkembangan moral dan nilai-nilai agama, bahasa,kognitif,emosional sosial dan apresiasi seni yang tepat dan benar, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
PROSES PELAYANAN :
Pelayanan dan pembekalan dalam kelompok bermain PAUD diarahkan kepada anak didik sehingga memiliki kesiapan secar optimal di dalam memasuki pendidikan dasar, maupun dalam mengarungi tantangan kehidupan pada usia perkembangan remaja serta dewasa.
ORIENTASI LAYANAN :
Kegiatan layanan PAUD lebih berorientasi untuk mengeksplorasi seluruh potensi anak didik, sesuai dengan usia perkembangan serta kebutuhan pemberdayaan dirinya. Kegiatan belajar dilakukan dengan bermain yang menyenangkan, sehingga mampu menstimulir anak didik untuk mengeksplorasi potensi dirinya, melalui alat dan atau peraga yang dimainkannya.
USIA PERKEMBANGAN ANAK DIDIK :
Periode (usia kalender) bagi anak didik PAUD merupakan “periode emas” (Gold Periode) yang seharusnya memperoleh perhatian serta layanan individual secara intensif serta berkesinambungan. Secara psikologis periode perkembangan PAUD bahkan dapat lebih lama, yaitu sampai memasuki masa “pubertas” mereka. Anak didik belajar mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang konkrit sampai ke yang abstrak, dan dari diri sendiri sampai ke interakasi dengan orang lain.
TINJAUAN KURIKULUM :
Melakukan ibadah melalui pengenalan dan kecintaan terhadap Tuhan, serta mencintai sesame hambaNya.
Memiliki kemampuan mengelola ketrampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan pengontrolan tubuh, gerakan halus, gerakan kasar, serta menerima respon rangsangan sensorik (pancaindra). Menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif serta dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk keperluan berpikir dalam bermain sambil belajar. Mengarahkan untuk berpikir logis,kritis,mampu memberikan alsan,mampu berpikir pemecahan masalah,serta berpikir menemukan hubungan sebab-akibat.
Mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat, mengharagai keragaman social dan budaya, serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, mengontrol dan mengendalikan diri, serta rasa memiliki.
Memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif dan inovatif.

SOURCE:
1. Pedoman Penyelenggaraan PAUD, Direktorat PAUD Depdiknas, 2006.
2.PEPEL BKD PAUD DKI,Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta,2007.


PELAKSANAAN DONOR DARAH

Senin, 24 Desember 2007 mulai jam 09.00 s.d jam 12.00 telah dilaksanakan aktivitas sosial warg yaitu DONOR DARAH yang dilaksanakan oleh PKK RW 10 Kelurahan Baru Pasar Rebo Jakarta Timur.

Mobil unit lengkap dengan dokter dan tenaga medis dari PMI Cabang Jakarta Timur melayani secara profesional, memperoleh 35 kantong darah dari warga RW 10.

Tidak mudah memang menyadarkan arti setetes darah bantuan kita bagi kehidupan orang lain yang sangat membutuhkan. Kegiatan donor diakhiri dengan hadirnya para remaja Karang Taruna RW 10 yang berbondong-bondong menyumbangkan darahnya.

Namun itulah arti kebersamaan dalam suka dan duka, selalu berbagi.

Sukses dan semoga tahun depan lebih banyak lagi warga yang menyumbangkan darahnya demi kamanusiaan. Amien.

Tidak ada komentar: